header-int

Webinar Kebidanan Nasional : Optimalisasi Peran Serta dan Strategi Pelayanan Kebidanan di Era New No

Sabtu, 27 Jun 2020, 10:25:42 WIB - 335 View
Share
Webinar Kebidanan Nasional : Optimalisasi Peran Serta dan Strategi Pelayanan Kebidanan di Era New No

Berlatar belakang adanya permasalahan dunia yaitu Pandemi Covid-19 sehingga berdampak segala aspek kehidupan manusia dibidang jasa, salah satunya adalah pelaksanaan pelayanan kebidanan dengan kasus yang semakin hari semakin meningkat sehingga mengharuskan tenaga Kesehatan bekerja lebih keras dalam meningkatkan mutu layanan Kesehatan sebagai garda terdepan memutus rantai penyebaran COVID-19 khususnya dalam lingkup pelayanan kebidanan. Hal ini membutuhkan perhatian bersama dalam memfokuskan proses pencegahan dan pemutus rantai penyebaran novel coronavirus dalam siklus daur kehidupan manusia khususnya lingkup ibu dan anak sebagai bagian dalam kebijakan program pemerintah Indonesia. Pelaksanaan pencegahan dan pengurangan kejadian penularan COVID-19 ini membutuhkan peran serta bidan yang sangat tinggi dan mampu beradaptasi dengan cepat dalam membentuk strategi pelayanan kebidanan yang lebih baik kedepannya.

Oleh karena itu, maka Fakultas Kebidanan bergerak mengadakan webinar nasional dengan tema optimalisasi peran serta dan strategi pelayanan kebidanan di era new normal sebagai usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan kebidanan yang akan dilaksanakan oleh para bidan khususnya lulusan alumni pada ruang lingup Fakultas Kebidanan yang dilaksanakan pada Hari Kamis Tanggal 25 Juni 2020 dari pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang expert dan ahli dibidangnya yaitu : Ketua PKBI Prov. SUMBAR dan Dosen FK Universitas Andalas Bapak dr. H. Aladin, Sp.OG (K), MPH (pakar Obgyn Sosial) dengan materi pertolongan persalinan yang aman dan sistem rujukan dalam era new normal. Narasumber  merupakan Ketua PD. IBI Prov. SUMBAR dn Widyaiswara BAPELKES SUMBAR Ibu Hj. Hasnawati, SKM, MM (pakar keorganisasian profesi) dengan Materi : Adaptasi pelayanan kebidanan dalam era new normal. Narasumber ketia merupakan pakar laktasi dan dosen FK Universitas Andalas Ibu dr. Mayetti Akmal, Sp.A (K) IBCL dengan materi : Tata laksana perlindungan BBL dan Bayi balita di era new normal. Dan narasumber terakhir merupakan Dekan fakultas Kebidanan IKes Prima Nusantara Bukittinggi: Rulfia Desi Maria, S.SiT, M.Keb (pakar manajemen nyeri komplementer dengan materi: Strategi dan inovasi pengelolaan pasien dalam pelayanan kebidanan di era new normal.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah peserta yang telah teregistrasi awal dan mengisi link absensi/evaluasi pada webinar ini yang terdiri dari mahasiswa, bidan praktisi, dosen, dan umum yang tersebar dari seluruh Indonesia (Provinsi Aceh sampai Provinsi Papua).Link nama peserta registrasi, absensi dan evaluasi berjumlah 8235 peserta yang kegiatannya dilaksanakan melalui via virtual class meeting zoom dan live streaming youtube Institut Kesehtan Prima Nusantara. Sebelum kegiatan dilaksanakan,  calon peserta wajib mengisi link absensi yang telah di share oleh panitia 8 hari sebelum acara dimulai. Awalnya peserta yang diterima hanya batas 800 saja di wilayah sekitar Sumatera, dikarenakan antusiasme yang tinggi oleh peserta di seluruh Indonesia, peserta yang telah berhasil registrasi berjumlah 8235 peserta sehingga link pendaftaran ditutup hari ke-6 sebelum acara di mulai.


Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, Tuhan Yang maha Esa, kami kegiatan webinar Fakultas Kebidanan IKESPNB dengan tema optimalisasi peran serta dan strategi pelayanan kebidanan di Era new Normal dapat sukses terlaksana dengan baik berkat Kerjasama pada pihak baik dari panitia, dukungan penuh oleh Yayasan dan Pimpinan, Narasumber yang semangat dalam memaparkan materi, dan partisipan yang setia dalam mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan webinar ini memberikan banyak manfaat terutama dalam mengupdate informasi seputar pelayanan kebidanan bagi kita semua. Aamiin yaa rabbal’aalamiin..

IKESPNB Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi - Sumatera Barat. Merupakan perubahan bentuk dari STIKes Prima Nusantara Bukittinggi berdasarkan SK MENRISTEK DIKTI No. 680/KPT/I/2019
© 2020 Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi Follow Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi : Facebook Twitter Linked Youtube