header-int

MIDWIFERY SCIENCE SESSION TELAAH JURNAL SERIES 6

Jumat, 25 Sep 2020, 09:00:48 WIB - 50 View
Share
MIDWIFERY SCIENCE SESSION TELAAH JURNAL SERIES 6

Pada hari kamis, Tanggal 24 September 2020 yang lalu baru saja berlangsung MSS series ke-6 yang pastinya berbeda dengan tema-tema sebelumnya. Berlatarbelakang pengalaman yang dirasakan oleh speaker, Ibu lainnya Ibu Tuti Oktriani, S.ST, M.keb (kepala BAAK dan juga Dosen Kebidanan pada Prodi S-1 Kebidanan Fakultas Kebidanan IKESPNB) dan masih “hangat dibicarakan” namun “langka” untuk dilaksanakan di Indonesia, maka pada tema kali ini mengangkat telaah artikel dengan judul “ the journey from pain to power on women’s experiences of VBAC”. Sesuai judul, akan menelaah sebuah artikel ilmiah tentang ekspresi dari pengalaman yang di rasakan beberapa wanita di dunia yang telah melalui persalinan normal setelah memiliki pengalaman persalinan dengan operasi terdahulu. Panelist tamu kali ini menghadirkan Kerjasama dengan Dosen Kebidanan dari POLTEKKES KEMENKES Riau, Ibu Siska Helina, S.ST, M.keb dan panelist ke dua Ibu Indah Putri Ramadhanti, S.ST, M.Keb dari Dosen Kebidanan Fakultas Kebidanan IKESPNB.

MSS series ke-6 kali ini menampilakn suatu pengalaman baru dalam metode penelitian yaitu menelaah sebuah artikel dengan metode meta-etnografi yaitu sebuah artikel dari kumpulan beberapa artikel lainnya yang dikumpulkan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi dengan penelitian yang bersifat kualitatif. Hal ini tidak hanya memberi suatu keilmuan baru bagi para partisipan, namun juga bagi speaker, panelis, dan panitia untuk giat mempelajari suatu metode lain dalam Menyusun artikel ilmiah kedepannya. Dari pemaparan yang sangat apik dan menjiwai yang dipresentasikan oleh speaker ditambah penjelasan mendalam mengenai telaah jurnal baik dari segi publikasi, Penelitian maupun teori mengenai VBAC itu sendiri sehingga menjadikan suasana diskusi yang semakin lama semakin menarik dan bersemangat untuk di paparkan. Selain itu memberi semangat dan ide baru bagi para pencari ide untuk meningkatkan publikasi yang bisa meneruskan dari artikel ilmiah yang dipresentasikan tersebut.



Tidak hanya para dosen -desen kebidanan dari berbagai institusi saja yang berantusias turut serta memberikan pemaparan mengenai ilmu-ilmu terbaru sesuai evidence based yang mereka bisa sampaikan kepada partisipan, namun juga pertanyaan yang diajukan berdasarkan permasalahan di lapangan yang disampaikan oleh partisipan dari praktisi Kesehatan. Sehingga berimbas dari penyelenggaraan waktu yang berlebih dari waktu yang direncanakan, yaitu lebih 1 jam lamanya.

Pada MSS series ke-6 tetap memiliki partisipan tetap dan semakin meluas, dapat mengajak partisipan dari Provinsi lain dari Aceh, bberbagai Provinsi di Pulau Kalimantan, Maluku, dan Papua. Dengan semangat panitia dalam pelaksanaan kegiatan MSS Fakultas Kebidanan ini, inshaAllah telah memiliki daftar terjadwal denan undangan resmi dan memiliki kontrak waktu dengan Panelist tamu dan Speaker Tamu hingga pertengahan November nantinya baik dari Alumni yang mumpuni, dan dari kesediaan waktu oleh teman-teman Dosen Kebidanan yang berasal dari Institusi Pendidikan di Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan lain-lain.

Semoga dengan pelaksanaan kegiatan MSS ini, selai sebagai wadah mimbar akademik, sebagai wadah mempertahankan silaturahmi antar sesama Dosen Kebidanan dan Tenaga Kesehatan khususnya Bidan di seluruh Indonesia. Aamiin Allahumma Aamiin.

IKESPNB Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi - Sumatera Barat. Merupakan perubahan bentuk dari STIKes Prima Nusantara Bukittinggi berdasarkan SK MENRISTEK DIKTI No. 680/KPT/I/2019
© 2020 Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi Follow Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi : Facebook Twitter Linked Youtube